Author: Justin

5 Kreasi Unik dari Stik Es Krim yang Bisa Dicoba di Rumah

Kita semua tahu ya kalau musim panas di Indonesia ini bisa dibilang nggak nyantai banget, soalnya sering bikin kita ngerasa haus. Sebenarnya wajar sih, karena pada saat suhu tubuh naik, maka penyerapan mineral oleh tubuh juga makin banyak yang bikin kita cepet haus.

Kalau haus, pelengkap yang paling enak buat nemenin santai ya tetep es krim. Apalagi berbagai brand makanan beku ini menawarkan harga yang murah, khususnya buat jenis es krim stik. Saking murahnya, kalau beli nggak cukup cuma satu, tapi bisa dua sampai tiga buah.

Bayangin kalau selama musim panas kita beli es krim stik, berapa banyak stik yang berhasil dikumpulin? Daripada dibuang, lebih baik dibikin kreasi unik seperti di bawah ini! Selain bisa mengurangi sampah, juga bisa membuka peluang usaha lho..

  1. Bingkai foto

Banyak yang bikin bingkai foto dari stik es krim bekas dalam berbagai model. Kamu pun juga bisa membuatnya sendiri di rumah tanpa harus bingung apalagi ribet.

Pertama itu, siapin peralatannya dulu lalu gambar konsep atau bentuknya di kertas. Nah, kalau semua sudah siap baru deh bikin bingkai foto sesuai dengan gambar yang udah digambar tadi.

bingkai foto - stik es krim

Biar tambah menarik dan tampak hidup, stik es krimnya bisa dikasih warna cat air. Tapi kalau semisal bingkai foto yang dibuat itu jenisnya menempel di dinding, maka sebisa mungkin jangan beri warna yang bertabrakan dengan dinding. Misal aja warna dinding putih, maka stik es krim jangan dicat putih karena bakal nggak keliatan sisi uniknya.

 

  1. Tempat meletakkan headset dan barang kecil lainnya

Siapa bilang stik es krim cuma bisa dibikin bingkai foto? Dengan kreativitas yang kamu ciptain sendiri, tempat serbaguna dari stik es krim pun bisa dibikin lho! Caranya nggak beda jauh saat bikin bingkai foto, tetapi kamu harus benar-benar fokus membuatnya, biar semua sisi berukuran sama. Jadi saat ditutup, benda-benda yang ada di dalemnya nggak bakalan jatuh.

stand headset - stik es krim

  1. Pot bunga

Kamu juga bisa bikin pot bunga dari stik es krim lho! Cara bikin pot bunga ini pun ada triknya biar tanah tidak bocor atau keluar dari dalem pot. Kalau kamu bikin pot yang bentuknya agak renggang dan menggunakan tali sebagai perekat, maka dalam pot harus dialasi pake plastik. Jangan lupa bagian bawahnya dilubangi ya, biar air bisa mengalir.

Nah, kalau potnya berbentuk rapat, maka kamu nggak perlu nambahin plastik di dalemnya. Langsung saja masukin tanah dan tanemannya. Biar lem tetep nempel meski kena hujan, kamu bisa memilih lem kayu tahan air.

vas bunga - stik es krim

 

  1. Tempat peralatan make up

Bingung mau naroh peralatan make up atau kosmetik? Bikin aja dari stik es krim yang numpuk di rumah. Caranya gampang banget kok tinggal direkatin aja dan dibuat bentuk sesuai selera masing-masing.

tempat makeup - stik es krim

  1. Kotak ponsel

Menggantung smartphone atau ponsel waktu di-charge itu bahaya lho.. Makanya perlu dibikinin kotak khusus biar aman dan ponsel nggak jatuh tanpa sepengetahuan kita. Namanya adalah kotak ponsel dari stik es krim.

kotak hp - stik es krim

Caranya juga cukup mudah buat dipraktekin sendiri, yang penting kamu bisa membentuk sebuah kotak berukuran persegi panjang biar posisi ponsel tetap berdiri tegak ketika di-charge.

Udah gitu, kotak ponsel juga bisa ditambahin pelindung bagian atasnya serta tulisan unik biar lebih aman. Fungsi pelindung di atasnya akan membuat ponsel kamu terhindar dari benda atau debu yang berjatuhan dari atas. Selain itu, biar tambah cakep seperti yang punya.

 

Nah, itu dia kreasi unik dari stik es krim yang paling mudah untuk dicoba sendiri di rumah. No ribet, No bingung-bingung deh!

Ide dan Inspirasi Kerajinan Tangan dari Barang Bekas

Barang-barang tidak terpakai biasanya hanya akan memenuhi tempat dan terkesan membuat kumuh. Hal yang paling mudah yang biasa dilakukan bagi kebanyakan orang adalah menyingkirkan barang tidak terpakai tersebut dengan cara membuangnya. Padahal, bagi orang yang mau berkreasi, barang-barang bekas ini dapat disulap menjadi barang-barang yang dapat digunakan lagi dan memiliki nilai seni.

Dari barang bekas, kita dapat membuat kerajinan tangan yang bermanfaat dan bahkan bernilai tinggi. Kita hanya dituntut untuk berpikir kreatif agar dapat menghasilkan barang yang bernilai guna, unik, lucu, dan artistik.

ide kerajinan dari barang bekas

Membuat kerajinan tangan bisa diniatkan sekedar untuk mempercantik ruangan dengan memanfaatkan barang yang tidak terpakai atau bahkan bisa diperjual-belikan. Mudahnya menemukan barang bekas dan mencari ide tentang kerajinan, membuat siapa saja dapat menghasilkan berbagai macam bentuk kerajinan tangan dengan fungsi yang beragam.

Berbagai barang bekas yang bisa didaur ulang bisa kita ditemukan di mana-mana. Ada sampah plastik pembungkus, botol plastik atau kaca, kaleng makanan dan minuman, dan masih banyak lainnya. Luangkan waktu untuk berpikir kreatif menjadi modal utama dalam membuat kerajinan tangan yang diinginkan.

Di bawah ini beberapa contoh kerajinan tangan dari berbagai macam barang bekas dengan bahan yang bisa didapatkan dengan mudah dan simpel cara pengerjaannya.

celengan babi dari botol bekas

Celengan Lucu Dari Botol Bekas

Sesuai dengan namanya, kerajinan tangan ini menggunakan botol bekas sebagai bahan utamanya. Tidak perlu membutuhkan banyak peralatan dan keahlian, celengan botol bekas bisa dibuat oleh siapa saja.

Sebelum mulai membuat celengan, langkah pertama adalah mempersiapkan bahan-bahan yang dibutuhkan seperti 2 botol bekas minuman soda, 5 tutup botol, gunting, cutter, dan lem tembak. Berikut cara pengerjaannya:

  1. Potong botol menjadi 2 bagian. Celengan ini akan dibuat mirip dengan binatang yang diinginkan sehingga kita harus memotong botol sampai ukuran yang diinginkan. Setelah terbagi menjadi dua, satukan lagi botol menggunakan lem tembak.
  2. Warnai botol sesuai warna yang diinginkan. Karena bagian depan botol seperti mulut binatang, kamu bisa membuatnya menjadi bentuk anjing, kucing, atau babi. Bila tidak ada cat, kamu bisa menempel kain flannel sesuai warna yang diinginkan.
  3. Pasang penutup botol bekas di bagian bawah botol sebagai kakinya. Sebelum dipasang, penutup botol bisa diberi warna sesuai warna binatang yang diinginkan. Pasang juga kupingnya yang diambil dari sisa potongan botol yang dibentuk menyerupai kuping. Terakhir, beri mata, hidung, dan mulut. Tara! Jadilah celengan imut nan lucu.

 

pajangan dari kardus bekas

Pajangan cantik dari bekas karton gulungan benang

Kerajinan tangan selanjutnya adalah kerajinan yang bisa menjadi pajangan di lemari kaca kamarmu. Cara membuatnya sangat mudah, yaitu:

  1. Kumpulkan bahan yang dibutuhkan berupa karton bekas tempat gulungan benang, kertas karton warna-warni, lem tembak atau lem biasa, benang wol berbagai warna, gunting, dan kancing baju.
  2. Mulai dengan menggulung benang wol mengelilingi karton yang sebelumnya telah diberi lem. Agar semakin cantik, gunakan benang wol bermacam warna. Jika benang wol telah seluruhnya menutupi karton, beri mata, hidung, dan mulut, sesuai karakter yang diinginkan. Kamu bisa berkreasi dengan memberinya rambut atau tangan.

pouch dari barang bekas

Pouch Lucu Dari Jeans Bekas

Jika kamu gemar menjahit, tidak ada salahnya kamu mengaplikasikan hobimu membuat kerajinan tangan dengan memanfaatkan barang bekas dengan tema jahit. Kerajinan tangan yang dimaksud adalah membuat pouch dari celana jeans bekas yang sudah lusuh.

Alat yang dibutuhkan adalah jeans bekas, gunting, dan mesin jahit. Pertama, untuk pouch yang terbuat dari celana jeans. kamu cukup memotong jeans dari betis hingga pergelangan kaki. Selanjutnya, jahit bagian atas jeans dengan resleting dan jahit bagian bawahnya serapih mungkin. Beri sedikit hiasan kecil dengan kancing sebagai aksesorisnya.

jembatan unik dari stik es krim

Kerajinan Tangan dari Stik Es Krim

Kerajinan tangan selanjutnya yaitu merekatkan stik-stik bekas es krim sampai membuat bentuk yang diinginkan. Stik-stik es krim ini bisa didapatkan dari mana saja misalnya memungut di jalan atau mengkoleksi stik es krim dari jajanan es krim anak-anak.

Sebelum memulai, siapkan peralatan yang dibutuhkan berupa stik es krim, lem,dan cat. Dari stik es krim ini kita bisa membuat beragam bentuk seperti pigura foto, kotak untuk menyimpan barang hingga bentuk miniatur seperti menara Eiffel atau lainnya. Cara membuatnya sangat mudah, kita hanya perlu menyusun stik es krim sambil direkatkan dengan lem. Untuk mendapatkan  bentuk yang diinginkan, potong stik es krim sesuai kebutuhan. Tambahkan aksesoris yang dapat mempercantik hasil karyamu.

Sebenarnya, masih sangat banyak kreasi kerajinan dari barang bekas yang dapat kamu buat. Dengan memiliki kemauan yang keras dan kreatifitas, kamu bisa membuat apapun dengan barang bekas yang ada. Selamat berkreasi!

Itulah beberapa macam kerajinan tangan dari barang bekas yang bisa Kamu coba sendiri. tak perlu mengeluarkan uang banyak, lewat daur ulang barang bekas, kamu malah bisa menghasilkan barang bernilai jual tinggi.